Catatan editor

Dalam rangka Hari Perempuan Sedunia pada 8 Maret 2019, The Conversation Indonesia terlibat bersama jaringan The Conversation sedunia menyiapkan laporan khusus mengenai dampak gerakan #MeToo.

Dari Indonesia, Dyah Ayu Kartika, peneliti di Pusat Studi Agama dan Demokrasi (PUSAD) Paramadina dan New Mandala Correspondent Fellow, menulis alasan mengapa gaung #MeToo tidak begitu kuat di Indonesia.

Sementara, Usman Hamid, pengajar di Sekolah Tinggi Hukum Indonesia Jentera, yang sehari-hari bertugas sebagai direktur Amnesty International Indonesia, berargumen salah satu strategi untuk menguatkan upaya perlindungan perempuan adalah dengan menguatkan peran Komisi Nasional Anti Kekerasan Terhadap Perempuan (Komnas Perempuan).

Prodita Sabarini

Editor Eksekutif

Artikel teratas

Ketika perempuan di negara-negara lain berhasil menjatuhkan para lelaki berkuasa yang melecehkan mereka, di Indonesia, korban pelecehan masih harus berusaha untuk mencari keadilan. www.shutterstock.com

Mengapa dampak #MeToo tidak sampai ke Indonesia?

Dyah Ayu Kartika, Pusat Studi Agama dan Demokrasi (PUSAD) Paramadina

Kombinasi dari budaya patriarki yang sangat kuat, nilai agama yang konservatif, dan praktik penegakan hukum yang tidak sensitive gender merupakan penyebab mengapa #MeToo tidak terjadi di Indonesia.

Pengunjuk rasa membawa poster di Women’s March 2018. www.shutterstock.com/ kiwiofmischief

Bagaimana menguatkan perlindungan perempuan? Perkuat peran Komnas Perempuan

Usman Hamid, Indonesia Jentera School of Law

Untuk mendorong penguatan upaya penghapusan kekerasan terhadap perempuan, pemerintah dan DPR perlu memperkuat Komisi Nasional Anti Kekerasan Terhadap Perempuan Komnas Perempuan)

Politik + Masyarakat

Sains + Teknologi

Kesehatan

Bisnis + Ekonomi

  • Biaya tersembunyi belanja online bagi pembeli dan penjual

    Lisa Jack, University of Portsmouth; Regina Frei, University of Portsmouth; Sally-Ann Krzyzaniak, University of Portsmouth

    Ada biaya waktu dan risiko belanja berlebihan untuk konsumen. Bagi pedagang, retur bisa sangat memusingkan

In English