Halo pembaca,

Semoga Anda tetap sehat di tengah keadaan pandemi yang makin mengkhawatirkan.

Anda tidak perlu stres menghadapi pandemi yang makin memburuk di Indonesia. Hadapi setiap masalah dengan tenang dan tetap berpikir positif agar daya tahan tubuh Anda tetap kuat. Fokuslah pada hal-hal yang bisa Anda kendalikan seperti memakai masker ke mana pun pergi, menjaga jarak fisik, mencuci tangan, hindari kerumuman dan batasi mobilitas. Ini tips “klasik” yang telah menjadi populer dalam setahun setengah terakhir, tapi juga kerap ditabrak. Dampaknya juga jelas, dalam sebulan terakhir kasus COVID-19 di Indonesia menanjak dari angka di bawah 5.00 0 kasus pada awal Mei, kini menjadi sekitar 20.000 kasus.

Pergerakan orang yang intensif saat Lebaran lalu telah menyumbangkan kenaikan kasus COVID dalam beberapa minggu terakhir. Lonjakan kasus ini telah banyak diprediksi oleh para ahli kesehatan, tapi kebijakan pemerintah pusat dan daerah kurang ketat.

Kini di tengah lonjakan kasus dan makin beratnya beban rumah sakit, tak ada jalan lain bagi pemerintah untuk perketat pembatasan pergerakan orang dan meningkatkan penulusuran orang-orang yang kontak dengan pasien positif COVID.

Hal yang mengkhawatirkan, kasus COVID pada anak-anak juga meningkat. Mereka tertular dari lingkungan dan keluarga. Orang tua perlu memperketat lagi protokol kesehatan untuk keluarga dan anak-anaknya agar kasus penularan tidak makin meluas.

Selain itu, keputusan pemerintah untuk membuka pembelajaran tatap muka mulai bulan depan harus ditinjau ulang. Jika tetap buka, kasus-kasus penularan pada anak-anak semakin tinggi.

Ahmad Nurhasim

Editor Sains + Kesehatan, Kepala Divisi Training

Photo by PhotoMIX Company from Pexels

Beda orang, beda strategi: intervensi spesifik pada pasien diabetes bisa tingkatkan kepatuhan minum obat antihipertensi

Sofa D. Alfian, Universitas Padjadjaran

Kita perlu studi lanjutan yang lebih lama yang berfokus pada bagaimana kepatuhan dan keyakinan pasien tentang obat antihipertensi mereka berubah dari waktu ke waktu.

Kesehatan

In English

 

Acara-acara yang ditampilkan

Kompetisi Menulis Greener Future

Indonesia — SDG Academy Indonesia

Klinik Penulisan Sains Populer untuk Mengomunikasikan Hasil Riset

online via Zoom, Indonesia — The Conversation Indonesia

Lebih banyak acara